KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan) memiliki 7 (tujuh) standar penilaian Akreditasi Laboratorium Kesehatan.

Standar penilaian Akreditasi Laboratorium Kesehatan telah tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 298 tahun 2008 tentang Pedoman Akreditasi Laboratorium Kesehatan. Standar-standar penilaian tersebut terdiri dari, Tujuan, Administrasi dan pengelolaan, Staf dan Pimpinan, Fasilitasi dan Peralatan, Kebijakan dan Prosedur Mutu Pelayanan, Pengembangan SDM dan Program Pendidikan, Serta Evaluasi dan Pengendalian Mutu.

Akreditasi Laboratorium Kesehatan dilaksanakan oleh KALK (Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan) yang di dalamnya terdiri dari berbagai kalangan, antara lain unsur profesi, asososiasi, dan pemerintah.


Sertifikasi ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah suatu standar internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen mutu atau sertifikasi sistem manajemen Kualitas. sertifikasi ISO 9001:2015 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang dan atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh badan dtandan dunia yaitu BADAN ISO.


Dalam acara Indonesia WOW Brand 2018 diberikan penghargaan kepada 300 brand terpilih dari berbagai lintas sektor dan industri di Indonesia. Penghargaan “Silver Champion” kategori Clinical Laboratory diberikan kepada Lab Kimia Farma sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Laboratorium Klinik melayani jasa pemeriksaan kesehatan (Medical Check Up), rujukan laboratorium, pemeriksaan laboratorium  biomolekuler (PCR), maupun pemeriksaan lab rutin. Prestasi ini merupakan yang kedua kalinya diraih oleh Lab Kimia Farma setelah pada tahun 2017 lalu juga berhasil mendapatkan “Golden Champion” pada kategori Laboratorium Klinik. Berita selengkapnya klik disini.


Indonesia Original Brand dibentuk oleh empat variabel yaitu satisfaction, loyalty, advocacy, dan local brand competitive level. Survei dilakukan di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Medan dengan melibatkan 5000 responden. Survei lapangan dilakukan pada bulan Maret-April 2018.

SWA menetapkan berbagai macam kriteria/aspek penilaian diantaranya meliputi ;
-Aspek kepuasan pelanggan
-Loyalitas pelanggan
-Rekomendasi pelanggan
-Local Brand Competitive level

Berita selengkapnya klik disini