Health Talk Thalassemia bersama Lab Klinik Kimia Farma dan Yayasan Thalassemia Indonesia.

Senin (25/3). Laboratorium Klinik Kimia Farma bekerja sama dengan Yayasan Thalassemia Indonesia mengadakan Health Talk Thalassemia dengan topik “Memutus Mata Rantai Thalassemia”, Sabtu (23/03/2019) di Kimia Farma Learning Center Jl. Cipinang Cempadek I, Jakarta Timur.

Health Talk yang dimulai pukul 09.00 pagi dihadiri oleh berbagai macam kalangan. Acara tersebut dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu Health Talk tentang thalassemia dengan narasumber Dr. Thoeng Ronald, Sp.PK. Kemudian dilanjut sesi 2 dari Yayasan Thalassemia Indonesia membahas tentang Data dan Pelayanan Thalassemia tahun 2018 di Indonesia dengan narasumber Ketua Yayasan Thalassemia Indonesia yaitu Bapak Ruswandi dengan membawa satu orang penyandang thalassemia untuk berbagi kisahnya berjuang melawan thalassemia.

Acara dimulai dengan sambutan dari Direktur Utama PT. Kimia Farma Diagnostika, Bapak Adil Fadilah Bulqini, Apt., MM. Kemudian dilanjutkan acara pertama diisi oleh narasumber Dr. Thoeng Ronald, Sp.PK. dari EKA Hospital BSD yang menjelaskan tentang thalassemia dari sudut pandang kedokteran. Beliau menjelaskan apa itu penyakit thalassemia, epidemiologinya, gejala klinis, diagnosis, terapi, hingga tindakan preventif dari thalassemia.

Setelah itu dilanjutkan dengan narasumber kedua yaitu Bapak Ruswandi sebagai Ketua Yayasan Thalassemia Indonesia. Beliau pada kesempatan ini menyampaikan sekilas tentang thalassemia mayor, minor dan carier. Beliau juga menyajikan data para penyandang thalassemia di Indonesia serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada tahun 2018. Selain itu ada juga narasumber seorang penyandang thalassemia yang diwakili oleh Saudara Bangkit untuk berbagi cerita dan kisahnya kepada para peserta Health Talk.

Antusiasme peserta Health Talk begitu besar, ini terbukti dengan jumlah pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

Dengan diselenggarakannya acara Health Talk ini diharapkan para peserta dari berbagai kalangan mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang bagaimana cara memutus mata rantai thalassemia di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya.¬

Comments

comments

Tinggalkan Balasan