Kebiasaan Baik Saat Bangun Pagi

Mengapa saat baru bangun tidur menjadi waktu untuk membentuk kebiasaan yang baik?
Saat baru bangun tidur, tubuh memiliki kondisi yang berbeda dengan waktu-waktu lainnya. Hal ini disebabkan:
• Tubuh baru aktif pasca lebih dari 7-8 jam beristirahat
• Kondisi metabolisme secara umum serta pencernaan juga baru aktif
• Kondisi keasaman tubuh masih netral

Berikut beberapa jenis hal atau kebiasaan yang baik dilakukan di pagi hari:

1. Meditasi
Hal pertama setelah bangun tidur di pagi hari yang bisa Anda lakukan yaitu meditasi.
Meditasi akan membantu mengatur ulang sistem saraf pusat Anda.
Anda bisa mencoba berlatih bernapas dengan lembut menggunakan 4 hitungan masuk dan keluar.
Ulangi sebanyak 8 kali, ambil yang baik dan keluarkan yang negatif dari sistem.

2. Buka jendela kamar untuk menikmati udara pagi
Ketika bangun di pagi hari, mungkin Anda terlebih dahulu akan memeriksa handphone.
Namun, mulai saat ini hentikan kebiasaan tersebut.
Daripada memeriksa handphone, lebih baik Anda membuka jendela kamar untuk sekadar menikmati udara pagi hari.

3. Olahraga
Segala jenis aktivitas fisik atau olahraga di pagi hari dapat merangsang neurotransmitter di otak dan membantu Anda tetap aktif, memperkuat kesehatan kardiovaskular, menjaga nafsu makan, meningkatkan kesadaran, membangun otot, dan juga meningkatkan kebahagiaan.

4. Berkemih atau buang air
Setelah 7-8 jam beristirahat, tubuh Anda pasti akan mengeluarkan zat sisa metabolisme atau pencernaan. Untuk itu, segera mengeluarkan zat sisa tersebut dengan berkemih atau buang air merupakan kebiasaan yang baik.

5. Minum air putih
Air putih adalah minuman yang mampu mengihdrasi tubuh dengan cepat, sehingga cocok dengan kebutuhan tubuh saat baru bangun tidur. Hindari memilih air putih bersuhu dingin, karena akan memperberat kerja pencernaan dan membuat tubuh menjadi mudah lemas.

6. Mengonsumsi camilan atau minuman yang bersifat netral
Membiasakan tubuh mengonsumsi camilan atau minuman yang super sehat dan netral, tidak asam, pedas atau tidak membuat pencernaan terpengaruh, merupakan kebiasaan yang baik.

#labkimiafarma
#beranicheckup
#sehatitukeren

Comments

comments

Tinggalkan Balasan