Pemeriksaan IGRA Di Lab Kimia Farma

Pentingnya Diagnosa TB Laten

Paparan dari MTB dapat menyebabkan timbulnya infeksi TB. Adanya infeksi TB yang disertai dengan timbulnya gejala spesifik TB disebut sebagai infeksi TB aktif. Sementara infeksi TB yang tidak disertai dengan gejala digolongkan ke dalam infeksi TB laten (Laten TB Infection)/LTBI). Infeksi TB laten memiliki resiko untuk berkembang menjadi TB aktif di kemudian hari.
WHO menekankan pentingnya dilakukan identifikasi dan terapi terhadap penderita infeksi TB Laten dalam menurunkan angka kejadian TB aktif dan kematian akibat TB.

Manfaat Pemeriksaan IGRA

– Menilai adanya infeksi Mycobacterium Tuberculosis baik aktif maupun laten.
– Sebagai pilihan pengganti TST/Mantoux tes yang lebih baik dengan nilai sensitifitas dan spesifisitas lebih tinggi.
– Tes skrining laten TB pada kelompok resiko tinggi.

Inovasi Pemeriksaan IGRA

Sel T CD-4 dan CD-8 telah terbukti memiliki peran penting dalam imunitas TB. Oleh karenanya inovasi terbaru pemeriksaan IGRA dengan menggunakan antigen spesifik TB (ESAT-6 & CFP-10) yang dapat direspon oleh sel T CD-4 dan juga CD-8. Inovasi ini membantu meningkatkan nilai akurasi terutama pada pasien dengan penurunan kadar sel T CD-4 (contoh: pasien dengan HIV).
Berbeda dengan Tubercullin Skin Test (TST), pemeriksaan IGRA menggunakan QuantiFERON®-TB Gold Plus tidak dipengaruhi oleh strain Mycobacterium yang digunakan pada vaksinasi BCG.

Laboratorium Klinik Kimia Farma kini telah dilengkapi dengan pemeriksaan IGRA untuk meningkatkan kualitas dan kelengkapan tes yang dimilikinya. Dengan harga yang kompetitif dan ketepatan janji hasil serta mutu yang terjamin maka Lab Klinik Kimia Farma dapat dijadikan pilihan terpercaya untuk pemeriksaan IGRA.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan