Pentingnya Pengetahuan akan Pemeriksaan Tiroid

World Health Organization (WHO) baru-baru ini memperkirakan sekitar 750 juta penduduk dunia mengalami gangguan tiroid, Indonesia sendiri menduduki peringkat tertinggi di Asia Tenggara dalam gangguan tiroid, yang mempengaruhi lebih dari 1,7 juta orang menurut hasil survei terbaru IMS Health. Oleh sebab itu, penegakan diagnosis dan tata laksana dini sangat menentukan prognosis penderitanya. Penatalaksanaan penyakit tiroid yang tepat didasarkan pada diagnosis yang akurat dari gambaran klinis, riwayat pasien, pemeriksaan fisik mengenai perubahan anatomi pada kelenjar tiroid, dan interpretasi hasil tes laboratorium.

Kelenjar tiroid memiliki fungsi yang penting, yaitu sebagai pengendali utama metabolisme tubuh sehingga berperan penting dalam kesehatan tubuh seseorang. Akan ;tetapi masih minimnya pengetahuan dan belum menjadi perhatian khusus bagi masyarakat, menyebabkan banyak orang yang tidak menyadari datangnya gangguan yang bisa terjadi pada kelenjar tiroid ini yang jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi kronis. Tanpa penanganan yang tepat, gangguan kelenjar tiroid bisa berakibat fatal terhadap kesehatan bahkan bukan tidak mungkin gangguan tiroid bisa menyebabkan kematian.

Pemahaman pemeriksaan fungsi tiroid adalah berdasarkan apa yang diukur dalam suatu tes, kemampuannya dan faktor lain yang mempengaruhinya. Adanya perkembangan yang sangat pesat dalam teknologi pemeriksaan laboratorium, seperti peningkatan sensitivitas dan spesifisitas metodologi pemeriksaan, menjadikan pemeriksaan laboratorium sangat penting untuk diagnosis, terapi dan pemantauan penyakit tiroid.

Laboratorium Klinik Kimia Farma kini telah dapat melakukan pemeriksaan-pemeriksaan Hormonal seperti AMH, LH, FSH, Free T3, Free T4, T3, T4 dan tes-tes lab rutin lainnya termasuk Vitamin D Total 25 OH. Bagi Anda yang ingin melakukan tes lab seputar Reproduksi, Fertilitas, Serologi, bisa datang ke Lab Kimia Farma yang tersebar di 50 cabang di seluruh Indonesia. Info lengkap daftar cabang kami bisa dilihat di https://labkimiafarma.co.id/cabang/.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan