TORCH

Halo #sahabatkaef ada yang tau apa itu TORCH? Bukan produk tas lho ya.. 😊 tapi pemeriksaan virus.

Berikut rincian dari virus-virus yang tergolong ke dalam TORCH:
1. Toksoplasmosis
Penyakit ini bisa timbul bila tubuh terinfeksi oleh Toxoplasma gondii, yaitu parasit yang dapat ditemukan pada kotoran kucing, daging yang tidak matang, dan telur mentah. Meski tidak menyebabkan kelainan pada janin selama dalam kandungan, toksoplasmosis bisa menyebabkan bayi mengalami ketulian atau keterbelakangan mental setelah lahir.

2. Rubella
Rubella adalah penyakit yang paling berbahaya bagi janin bila terjadi pada ibu hamil di awal kehamilan. Selain dapat menyebabkan keguguran, rubella juga bisa menyebabkan sindrom rubella kongenital yang menyebabkan cacat lahir, seperti tuli, katarak, penyakit jantung bawaan, dan gangguan pertumbuhan.

3. Cytomegalovirus (CMV)
Cytomegalovirus (CMV) masih satu keluarga dengan virus herpes. Pada orang dewasa, infeksi virus ini biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun, bila terjadi pada janin, infeksi CMV dapat menyebabkan gangguan pendengaran, epilepsi, dan gangguan intelektual.

4. Herpes simpleks
Virus herpes simpleks biasanya ditularkan dari ibu ke bayi saat persalinan ketika bayi melalui jalan lahir. Meski begitu, bayi juga bisa terinfeksi virus ini selama dalam kandungan.

Infeksi herpes simpleks dapat menyebabkan kerusakan otak, gangguan pernapasan, dan kejang pada bayi. Gejala penyakit ini biasanya baru muncul setelah bayi berusia 2 minggu.

Di samping keempat penyakit di atas, ada juga penyakit lainnya yang bisa ditularkan ibu hamil kepada bayi selama masa kehamilan atau persalinan, yaitu hepatitis B, HIV, sifilis, cacar air, campak, gondok, infeksi virus Epstein-Barr, dan infeksi human papillomavirus.

Referensi: Alodokter

#labkimiafarma#laboratoriumklinik#kimiafarma#beranicheckup#sehatitukeren#torch#virus#toksoplasma#rubella#citomegalovirus#herpes

Comments

comments

Tinggalkan Balasan