Waspada Beberapa Penyakit Pasca Banjir

Leptospirosis

Ditularkan melalui kontak dengan air, tanah, atau lumpur yang telah terkontaminasi oleh urin binatang yang terinfeksi leptospira.

Gejalanya berupa demam tinggi, muntah, diare, mata merah, nyeri otot (terutama otot paha dan betis), ruam, panas-dingin, sakit kepala

Penyakit Kulit

Kotoran pada air dapat menyebabkan penyakit kulit, mulai dari gatal-gatal hingga infeksi. Cara mengatasinya, selalu bersihkan diri setelah terkena air banjir dan gunakan obat yang sesuai bila sudah terkena penyakit kulit tersebut.

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Gejala biasanya diawali dengan demam tinggi (>40 derajat celcius) selama 4-7 hari, serta sakit kepala parah, nyeri pada bagian belakang mata, nyeri otot dan sendi parah, mual dan muntah, ruam.

Demam Tipoid

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Tifus dapat menular dengan cepat, umumnya melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhii.

Diare

Disebabkan oleh infeksi kuman di usus besar, makanan dan minumam yang terpapar virus, bakteri atau parasit. Gejala yang paling sering dirasakan yaitu perut terasa mulas, tinja encer atau bahkan berdarah, dehidrasi, pusimg, lemas dan kulit kering.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan