Kolesterol pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh. Peran dan fungsi kolesterol sendiri sangat penting selama masih dalam kadar yang wajar. Sebagai contoh, organ hati memproduksi 1000 mg kolesterol setiap hari yang dibutuhkan sebagai bahan utama empedu untuk mencerna lemak, untuk membentuk vitamin D, dan untuk membangun dinding sel. Kolesterol HDL pun menjadi jenis kolesterol yang baik, sementara kolesterol LDL adalah jenis kolesterol yang jahat. Jenis kolesterol LDL inilah yang menjadi pemicu penyakit jantung yang memantikan. Kolesterol LDL diketahui dapat menyebabkan pembuluh arteri tersumbat sehingga aliran darah tidak lancar sebagaimana mestinya. Kondisi ini lambat laun bisa juga menyebabkan gangguan kesehatan yang lain. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi 4 jenis makanan yang ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat sebagai berikut :

12

1.   Asam Lemak Omega-3

Lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja lemak jahat mesti dibatasi. Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak baik yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 dapat meminimalisir risiko terjadinya pembekuan darah sekaligus menurunkan hipertensi. Kandungan gizi ini bisa Anda peroleh dari sumber makanan seperti ikan makarel, sarden, salmon, minyak ikan, dan juga suplemen omega-3.

2.   Oatmeal

Oatmeal diketahui kaya akan kandungan serat yang mudah larut sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang diserap tubuh. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 5-10 gram serat larut setiap harinya. Adapun kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan mengonsumsi 1 cangkir oatmeal setiap hari. Untuk memaksimalkan kandungan serat bisa juga Anda menambahkan sedikit buah atau sayur tinggi serat.

 

3.   Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang dapat memerangi kolesterol LDL. untuk mendapat khasiat ini coba tambahkan 2 sdm minyak zaitun pada menu salad atau pada tumis sayuran Anda.

 

4.   Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan kenari memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh dalam kadar tinggi. Kandungan asam lemak tidak jenuh inilah yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat sekaligus menjaga supaya pembuluh darah tetap sehat.

Ampuh Turunkan Kolesterol

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *