Mendengar karbohidrat maka akan langsung tertuju pada nasi. Nasi memang sumber karbohidrat. Namun masih banyak sumber karbohidrat yang lain. Umbi-umbian juga termasuk sumber karbohidrat. Jagung juga termasuk sumber karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber gizi makro yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik. Konsumsi yang berlebihan dari sumber karbohidrat akan menyebabkan satu jenis penyakit yang umum menyerang yaitu, diabetes. Penyakit diabetes juga dapat dikarenakan konsumsi karbohidrat yang berlebih. Anda mungkin akan berpikir lalu apa yang akan dikonsumsi, jika nasi dapat menyebabkan diabetes. Nasi tidak akan menyebabkan diabetes selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Dan Anda pun dapat menikmati nasi dengan mengkonsumsi nasi jenis lain.

Pencegahan konsumsi sumber karbohidrat dapat dengan mengganti jenis nasi yang biasa Anda konsumsi. Jika Anda sering mengkonsumsi nasi putih maka kurangi atau ganti dengan nasi merah. Di daerah pegunungan, nasi merah sangat banyak ditanam. Mengkonsumsi nasi merah jauh lebih baik dibanding nasi putih. Jumlah glukosa dalam nasi merah lebih sedikit. Dan nasi merah sendiri juga dapat untuk menyehatkan tubuh Anda. Mengkonsumsi nasi merah dapat mengurangi kolesterol berlebih di dalam tubuh. Namun tetap jaga jumlah asupan nasi yang Anda konsumsi. Bukan berarti nasi merah itu aman jadi dikonsumsi dalam jumlah banyak. Anda tetap perlu menjaga dalam jumlah yang seimbang.

Kemudian ada pula jenis nasi yang baik untuk mencegah konsumsi berlebih dari karbohidrat. Nasi hitam adalah nasi yang dianjurkan untuk Anda. Nasi hitam jauh lebih baik dari nasi putih. Nasi hitam lebih baik dari nasi merah. Nasi hitam dan nasi merah sama-sama baik dikonsumsi sebagai bentuk pencegahan karbohidrat berlebih di dalam tubuh. Masalah rasa, nasi hitam tidak berbeda seperti nasi putih. Bukan kemudian karena memiliki warna hitam memiliki rasa yang pahit. Warna dari nasi tidak berpengaruh pada rasa. Jadi, Anda akan tetap mengkonsumsi nasi. Sebagai orang Indonesia, belum makan jika yang dikonsumsi belum ada nasi. Anda akan tetap makan dengan nasi hitam atau merah guna mencegah glukosa tubuh meningkat.

Cegah Konsumsi Karbohidrat Berlebih

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *