Cek Kesehatan Dini Guna Mencegah Penyakit Tidak Menular

cerdik untuk cegah penyakit tidak menular-kimia farma diagnostika
CERDIK untuk cegah penyakit tidak menular-Kimia Farma Diagnostika

Kimia Farma Diagnostika – Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan angka kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia pada tahun 2001 tercatat sebanyak 49,9 persen. Di tahun 2007 angka tersebut meningkat menjadi 59,5 persen. Penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian ini antara lain hipertensi 31, penyakit jantung, kanker atau tumor, dan diabetes melitus (DM). Secara garis besar, Kemenkes RI juga menemukan fakta, tingkat konsumsi gula, garam dan lemak berlebih di masyarakat Indonesia kian meningkat setiap tahunnya. Dan beberapa penyakit tidak menular tersebut dilatarbelakangi oleh konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL) berlebih.

Kasubdit Pengendalian Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) Kemenkes RI mengingatkan, selain konsumsi GGL berlebih, faktor lain yang juga dapat meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit tidak menular adalah gaya hidup seperti kebiasaan merokok, diet yang tak sehat, mengonsumsi alkohol, kurang melakukan aktivitas fisik, dan stres. Faktor risiko ini diperparah dengan faktor lingkungan, seperti dampak globalisasi, sosio-ekonomi, budaya, modernisasi, polusi, dan lain sebagainya. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah meluncurkan program CERDIK. Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit tidak menular. CERDIK terdiri dari:

C: Cek kondisi kesehatan secara berkala
E: Enyahkan asap rokok
R: Rajin melakukan aktivitas fisik
D: Diet sehat dengan mengonsumsi jumlah kalori yang seimbang
I: Istirahat yang cukup
K: Kendalikan stres.

CERDIK dimulai dengan melakukan cek kesehatan secara rutin. Dengan memeriksakan kesehatan secara rutim, kita akan mengetahui kondisi tubuh kita secara update, sehingga jika terdapat penyakit, bisa diantisipasi lebih awal. Salah satu bentuk Cek kesehatan secara rutin adalah medical check up secara berkala. MCU memungkinkan kita mengetahui kesehatan melalui pemeriksaan darah, rontgen, dan konsultasi dokter. Lab Klinik Kimia Frama menerima Medical Check Up guna mendukung program pemerintah serta menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat.

Sumber : puskeskalitengah.blogspot

Comments

comments

Tinggalkan Balasan