Kimia Farma Diagnostika – Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Diabetes tidak datang secara tiba-tiba, namun terdapat beberapa gejala diabetes yang biasa dialami oleh penderitanya. Diabetes Melitus merupakan suatu kondisi dimana terjadi peningkatan konsentrasi glukosa darah secara kronis. Diabetes disebabkan oleh tidak ada, atau kurangnya hormon insulin. Beberapa gejala yang muncul dari penyakit diabetes antara lain adalah:

1. Cepat merasa haus. Tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak karena frekuensi buang air kecil yang terlampau sering. Rasa haus ini adalah reaksi tubuh agar tetap terhidrasi dari asupan cairan.

2. Penglihatan mulai kabur. Kadar glukosa yang terlalu tinggi juga dapat berpengaruh terhadap kemampuan penglihatan pasien diabetes.

3. Terlalu sering buang air kecil. Tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah membuat tubuh menarik air dari sel ke darah. ‘Kelebihan’ cairan ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin, sehingga frekuensi buang air kecil pun meningkat.

4. Penurunan berat badan secara drastis. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memakai glukosa secara efektif. Akibatnya lemak akan dipecah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga pasien mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba.

5. Lapar terus-menerus dan berlebihan. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan baik; sehingga secara alami tubuh akan memberi respon pada Anda untuk terus makan guna memperoleh lebih banyak energi.

6. Kelelahan kronis. Ketika tubuh gagal mengolah glukosa menjadi energi, maka pasien akan terasa lesu dan menjadi mudah lelah.

Penggemar makanan dan minuman manis tinggi gula atau memiliki berat badan yang berlebih hendaknya lebih hati hati dan secara rutin melakukan pemeriksaan diabetes, karena orang yang sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis tinggi gula atau memiliki berat badan yang berlebih lebih besar kemungkinannya terkena diabetes.

Untuk menghindari penyakit diabetes, sangat diperlukan kesadaran dari iri sendiri. Konsumsi makanan yang sehat, serta rajin berolahraga, bisa menjadi solusi pencegahan penyakit diabetes. Selain itu, pemeriksaan darah secara rutin juga sangat baik dilakukan guna mengontrol kadar darah dalam tubuh kita. Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena telat antisipasi.

Yuk segera kunjungi Lab Klinik Kimia Farma terdekat dari tempat anda, dan segera lakukan pemeriksaan gula darah.

Diabetes Dan Pencegahannya

Comments

comments

Tag pada:                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *