SELAMAT HARI GIZIKimia Farma Diagnostika – Hari ini diperingati sebgaia Hari Gizi Nasional. Sahabat KFD tau apa itu gizi? Gizi adalah zat-zat sebagai komponen pembangun tubuh manusia dalam rangka mempertahankan dan memperbaiki jaringan-jaringan agar fungsi tubuh manusia itu sendiri dapat berjalan sebagaimana mestinya. Gizi erat kaitannya dengan zat-zat yang terdapat pada makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang kurang atau gizinya tidak seimbang ketika dikonsumsi akan menimbulkan berbagai masalah hingga berakibat menjadi penyakit gangguan gizi pada tubuh manusia itu sendiri.

Zat yang terdapat pada gizi merupakan pembangun tubuh yang mana masing-masing zat tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Perlu menjadi catatan pula bagi kita bahwa semua zat tersebut harus ada di dalam tubuh manusia dengan kadar yang seimbang atau sesuai kebutuhan tubuh manusia. Sumber gizi yang banyak kita temui pada makanan sehari-hari seperti:

Karbohidrat, yaitu zat gizi yang terbentuk dari unsur karbon, Oksigen, dan Hydrogen.
Mineral, yaitu senyawa berbagai garam mineral atau juga terdapat sebagai unsure bebas.
Vitamin, yaitu berupa senyawa organik yang funngsinya menyerupai fungsi Hormon.
Protein terbentuk dari senyawa selain karbon, Oksigen, dan Hydrogen yang juga menngandung unsur Nitrogen.
Lipida atau lemak, terbentuk dari rantai karbon , Oksigen, dan Hydrogen pada proses metabolism tubuh.

Setelah kita mengetahui zat-zat gizi yang sering kita temui, tentunya kita juga ingin mengetahui manfaat penting dari gizi-gizi tersebut.Gizi tentunya memiliki peranan vital dalam kesehatan manusia. Beberapa manfaat penting gizi bagi tubuh adalah :

1. Sebagai penghasil energi tubuh. Sebagian zat-zat pada makanan yang kita konsumsi oleh sistem pencernaan organ tubuh akan akan diolah menjadi energi. Energi inilah yang kemudian membantu manusia untuk bisa melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Zat sebagai pembentuk energy tubuh adalah karbohidrat, protein dan juga lipida atau lemak.
2. Sebagai pembentuk sel jaringan tubuh. Zat gizi yang membentuk sel jaringan tubuh adalah air, mineral dan protein. Dalam hal pembentukan sel jaringan tubuh ketiga zat tersebut secara bersama-sama diolah oleh organ tubuh hingga kemudian terbentuk lah sel jaringan tubuh baru sebagai pengganti jaringan yang sudah rusak atau tidak berfungsi lagi.

Melihat dua dari banyak manfaat yang ada, nampaknya sulit bagi kita untuk tidak memperhatikan masalah gizi. Di hari Gizi Nasional ini ,marilah kita mulai memperhatikan setiap makanan yang kita konsumsi terutama mengenai kandungan gizi yang terdapat pada makanan tersebut sebelum benar-benar kita putuskan untuk dikonsumsi.

sumber : carasehat.com

Hari Gizi Nasional, Mari Perhatikan Asupan Gizi Dalam Tubuh Kita

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *