Infeksi dan Layanan Pemeriksaan Mikrobiologi

Kimia Farma Diagnostika - Salah satu masalah kesehatan yang masih sering terjadi di Indonesia adalah masalah Infeksi. Disadari ataupun tidak, ternyata banyak sumber infeksi di sekitar kita yang siap menyerang kapan saja. Beberapa sumber infeksi yang jarang kita perhatikan adalah Infeksi pada udara (baik Ac/non AC), beberapa peralatan kerja, makanan, dan minuman.

Seperti hal nya penyakit pada umunya, pencegahan infeksi harus meliputi faktor internal dan external. Faktor internal yang dimaksud adalah pencegahan melalui Pola Hidup Bersih dan Sehat atau biasa di singkat PHBS. Kita harus mulai peduli terhadap bahaya infeksi yang kapanpun bisa menyerang tubuh kita. PHBS harus menjadi landasan gaya hidup yang kita pilih. Sedangkan pencegahan infeksi secara external adalah komitmen unutuk menjaga higenitas lingkungan dan semua media penularan infeksi oleh semua pihak.

Laboratorium Klinik Kimia Farma kini hadir menyediakan pelayanan berupa pemeriksaan pendukung pencegahan infeksi secara external. Layanan ini termasuk di dalam Layanan Pemeriksaan Mikrobiologi Laboratorium Klinik Kimia Farma. Beberapa pemeriksaan pendukung yang kami sediakan sebagai berikut:

1. Pemeriksaan Cemaran/Kontaminasi Mikroba

Meliputi, berbgaia jenis makanan dan minuman, air minum, ait nersih, air dalam kemasan, air sumur, pengolah/penyaji makanan, alat makan, obat, jamu, kosmetik, Kualitas udara lingkungan kerja, Kualitas udara pancaran AC, buah-buahan, dan lain sebagainya.

2. Pemeriksaan Uji Efektifitas Antiseptik/Desinfektan

Meliputi Handrub alcohol based, bahan pembersih lantai, shampo, sabun, kosmetik dan lain sebagainya.

3. Uji Biakan / Kultur Sensitifitas

Meliputi Spesimen klinis, spesimen lingkungan, uji penapisan (screening) MRSA

Selain itu Laboratorium Klinik Kimia Farma juga bisa memberikan Jasa seperti, membuat pola bakteri dan kepekaannya terhadap antimikroba di unit pelayanan kesehatan, Infection control risk assesssment, konsultasi design lab klinik, ruang isolasi, dan konsultasi pemilihan jenis pemeriksaan pendukung.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan