IMG-20170214-WA0001
Kimia Farma Diagnostika – Menurut data dari WHO yang dilansir oleh YOAI Fondation, setiap tahun jumlah penderita kanker diseluruh dunia terus meningkat sebanyak 6 juta orang lebih. Begitupun angka kejadian kanker pada anak. Jumlah nya 110 sampai 130 kasus persatu juta anak pertahun. Dari jumlah kanker pada anak, 80% anak yang terdiagnosa kanker terletak di Negara berkembang. International Confederation of Childhood Cancer Parents Organization memperkirakan bahwa lebih dari 100.000 anak dengan kanker meninggal setiap tahun nya. JIka ini tidak serius ditanggapi, diperkirakan dalam sepuluh tahun, akan ada 9 juta kematian disebabkan oleh kanker setip tahun nya.

Sedangkan di Indonesia, diperkirakan ada 11.000 kasus kanker anak/tahun. 650 diantaranya terjadi di Jakarta yang sebagian besar berasal dari keluarga tidak mampu. Jenis kanker anak yang paling sering terjadi di Indonesia adalah Leukimia dan Retinoblastoma. Leukimia di sebut juga kanker darah. Gejala yang perlu di waspadai dan sering di temukan antara lain pucat, demam yang tidak jelas sebabnya, pendarahan yang tidak selas sebabnya, nyeri tulang, dan pembengkakan perut. Sedangkan Retinoblastoma di sebut juga kanker mata. Gejala yang perlu di waspadai ialah adanya bercak putih di bagian tengah mata yang bersinar apabila terkena cahaya ( seperti mata kucing ).Hal lain yang perlu di perhatikan ialah penglihatan yang terganggu, mata menjadi juling, dan bila telah lanjut maka bola mata menonjol keluar. Selain dua jenis kanker diatas, jenis kanker yag biasa terjadi pada anak adalah:

1. Tumor otak.
Tumor Otak dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur susunan saraf pusat karena terletak di dalam rongga yang terbatas ( rongga tengkorak )
2. Limfoma.
Limfoma maligna atau kelenjar getah bening adalah kanker yang biasanya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah beningyang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran dapat terjadi di daerah leher, ketiak, selangkangan, usus.
3. Neuroblastoma.
Neuroblastoma adalah suatu jenis kanker saraf yang dapat menunjukan banyak gejala yang tergantung pada letaknya. Neuroblastoma dapat terjadi di leher, rongga dada, dan mata. Bila terdapat di daerah mata dapat menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun dan pupil menyebar. Bila terdapat di tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan.
4. Tumor Wilms.
Tumor Wilms adalah kanker ginjal yang paling sering di jumpai pada anak. Kanker ini dapat ditandai dengan kencing berdarah, rasa tidak enak didaerah perut, bila sudah cukup besar akan teraba keras dan biasanya diketahui ketika anak di mandikan.
5. Rabdiomiosarkoma.
Kanker ini di jumpai pada otot dimana saja, biasanya pada anak di daerah kepala, leher, kandung kemih, prostat ( kelenjar kelamin pria ), dan vagina.
6. Osteosarkoma. Osteosarkoma atau kanker pada tulang. Pembengkakan yang cepat apabila di sertai rasa nyeri pada tulang. Perlu diwaspadai sebagai kemungkinan adanya kanker tulang.

Jenis Kanker Yang Sering Terjadi Pada Anak

Comments

comments

Tag pada:                            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *