Kimia Farma Diagnostika – Kita sering kali mengeluh setelah kita berhasil menurunkan berat badan lewat usaha yang extra, namun tiba-tiba berat badan kita naik dengan mudahnya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Alih-alih diet nya makin giat, justru biasanya orang yang tidak punya motivasi kuat akan menghentikan diet nya dan kembali makan seenaknya. Padahal, hal tersebut seharusnya di evaluasi penyebab dan faktor-faktor nya, lalu diperbaiki.

Hal pertama yang harus di ingat, hampir dalam situasi apapun, mempertahankan itu lebih sulit dibandingkan memulai. Dalam hal ini, menurunkan berat badan akan terasa lebih mudah dibandingkan mempertahankan berat badan yang sudah turun. Yang harus kita perbaiki dalam masalah ini adalah pola makan dan program yang dilakukan. Pola makan dan program penurunan berat badan haruslah dilakukan dengan perlahan agar metabolisme tak berubah drastis. Dikutip dari detik health, penyebab berat badan mudah naik adalah karena proses ‘diet instan’ yang dilakukan sebelumnya untuk menurunkan berat badan. Jika Anda melakukan penurunan berat badan dengan instan, ekstrim dan cepat, misalnya hanya dengan mengurangi jadwal makan, hitung kalori secara ketat, serta minum air putih berlebihan, maka berat badan Anda akan cepat turun dan cepat naik kembali.

Sebagai contoh, kita sering mengambil jalan pintas untuk mengurangi berat badan dengan menahan lapar dan mengurangi jam makan. Faktanya kita justru berpotensi menjadi lebih mudah tergoda untuk ‘balas dendam’. Saat balas dendam inilah yang membuat kita makan jauh lebih banyak dari yang sebenarnya dibutuhkan tubuh. Hal yang juga perlu di hindari agar berat badan yang sempat turun tidak naik dengan cepat adalah dengan menghindari menjadikan makanan dan minuman sebagai ‘obat’ untuk mengatasi masalah, termasuk saat kita stres, kelelahan, atau bosan, karena kebiasaan ini disebut dapat juga memengaruhi peningkatan berat badan Kita.

Kenapa Berat Badan Lebih Cepat Naik Dibandingkan Turun?

Comments

comments

2 gagasan untuk “Kenapa Berat Badan Lebih Cepat Naik Dibandingkan Turun?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *