Mengatasi Asam Urat

Asam urat merupakan suatu jenis penyakit yang menyerang area persendian dan tendon. Serangan ini disebabkan adanya timbunan kristal urat yang dihasilkan dari deposit asam urat yang dapat memicu terjadinya peradangan. Penyakit asam urat sendiri memiliki gejala yang mirip dengan artritis seperti nyeri di bagian sendi. Penyakit ini biasa diderita seseorang yang sudah berusia 35 tahun ke atas. Penyakit ini sebetulnya bisa dikendalikan dengan obat. Akan tetapi, tentunya harus dibarengi dengan beberapa kiat sehat sebagai berikut:

 

  • Pola Makan Sehat dan Rendah Purin

Penderita asam urat seharusnya melakukan diet bebas purin, terlebih bila sudah terjadi pembengkakan sendi. Akan tetapi, hal ini mustahil dilakukan karena sebagian besar makanan memiliki kandungan purin. Oleh karena itu, satu kiat yang bisa diupayakan yaitu membatasi konsumsi makanan tinggi purin. Kenali jenis makanan rendah purin seperti kubis, kol merah, paprika, selada, dan pisang. Adapun sayur bayam, jamur, kembang kol, dan kacang polong memiliki kadar purin sedang. Sementara makanan tinggi purin yang harus dihindari yaitu ikan teri, sarden, jeroan, kacang goreng, dan minuman beralkohol.

 

  • Konsumsi Makanan Penurun Asam Urat

Di samping harus membiasakan pola makan sehat dan rendah purin, sebaiknya juga diimbangi dengan mengonsumsi makanan penurun asam urat. Beberapa jenis makanan yang dimaksud misalnya tahu, buah stroberry, bluberry, dan apel. Membiasakan mengonsumsi bawang putih sebanyak 3 atau 5 siung setiap hari juga diketahui dapat mengatasi asam urat dan meningkatkan stamina secara keseluruhan.

 

  • Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih dapat membantu melancarkan saluran pencernaan dan BAB. Hal ini baik bagi penderita asam urat.  Oleh karena itu, biasakan meminum 8 gelas air putih setiap hari. Boleh juga ditambah dengan jus buah segar misal jus jeruk, jambu biji, pisang, dan lainnya.

 

  • Olahraga Rutin

Lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Ada baiknya Anda melakukan olahraga 4-5 kali dalam satu minggu dengan durasi 30-45 menit setiap sesinya. Jenis olahraga yang cocok misalnya jalan kaki atau jogging. Olahraga bisa membantu melatih otot dan sendi supaya tidak terlalu kaku.

 

Demikian beberapa kiat sehat atasi asam urat. Ingat kesehatan itu mahal harganya. Menjaga kesehatan pun dirasa lebih bijak daripada mengobati. Sekian info kali ini, semoga bermanfaat. Semoga Anda sehat selalu

Kiat Sehat Atasi Asam Urat

Comments

comments

Satu gagasan untuk “Kiat Sehat Atasi Asam Urat

  • 5 Januari 2015 pukul 13:00 am01
    Permalink

    thank u…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *