musik, saat ini sudah tidak dapat lgi dipisahkan dari masyarakat. dimanapun, kapanpun dan saat apapun selalu terdengar musik. Bahkan, ketika jaman dahulu orang tua marah sekali ketika anaknya belajar sambil mendengarkan radio justru saat ini musik sangat dianjurkan dilakukan sebagai pendamping belajar untuk meningkatkan fungsi dan kerja otak. Wah, ajaib bukan? Tahukan Anda, bahwa ternyata manfaat musik tak hanya berhenti disitu saja, mendengarkan musik sambil menanamkan energi posistif pada diri kita sendiri mampu memberikan manfaat yang sangat tinggi terutama bagi kesehatan kita. Tak hanya dapat meringankan fikiran yang sedang galau, musik juga mampu meringankan berbagai jenis nyeri hingga mengurangi sters dan depresi tanpa ada campur tangan obat kimia. Lalu apa saja manfaat tersembunyi dari mendengarkan musik? Saya akan berbagi dengan Anda agar Anda semakin sehat dan bahagia ketika mendengarkan musik.

Melalui Musik, Pegal-Pegal Bablas!
Sebuah penelitian sengaja dilakukan untuk mengetahui pengaruh musik terhadap nyeri yang dialami oleh seseorang pasca melakukan operasi. Hasilnya, kelompok yang mendapatkan terapi mendengarkan musik ini memiliki kemajuan yang signifikan dalam hal pengurangan nyeri. Kenapa bisa begitu? Suara musik yang berirama teratur secara tidak langsung akan mempengaruhi saraf otonom kita yang akan mengubah ketegangan disekitar punggung, perut dan leher. Saat itulah, hormon rileksasi keluar dan menghambat faktor-faktor nyeri serta mengendurkan otot-otot yang sedang tegang.

Sehat Secara Psikologis Dengan Musik
Sudah jelas mengapa musik dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Gelombang otak yang bekerja akan berhubungan dengan berbagai macam irama musik yang nyaman saat Anda mendengarkan musik. Seseorang yang sedang sedih, ketika mendengarkan musik sedih tentu akan merasa semakin sedih. Jadi cobalah jika Anda merasa sedih dan kecewa, mendengarkan musik yang ceria agar Anda menjadi lebih bersemangat.

Sehat Jantung Sehat Paru-Paru
Musik yang kita dengarkan, selain mempengaruhi gelombang otak juga akan mempengaruhi denyut jantung. Hal itu dikarenakan hormon yang dikeluarkan saat kita merasa rileks akan menormalkan kerja jantung agar lebih lambat dan lebih tenang. Kerja jantung yang berkurang juga akan membuat paru-paru Anda memiliki waktu yang lebih santai untuk menukar antara oksigen dan karbondioksida sehingga nafas juga menjadi lebih stabil.

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Anda

Comments

comments

4 gagasan untuk “Manfaat Musik Untuk Kesehatan Anda

  • 30 September 2015 pukul 13:00 am09
    Permalink

    Bagi saya musik memberikan banyak manfaat. Saya sendiri sering mendengarkan lagu lagu acoustic dan ambhient untuk meraih ketenangan batin.

    Balas
    • 30 Mei 2018 pukul 13:00 am05
      Permalink

      Terimakasih.

      Balas
  • 21 Agustus 2016 pukul 13:00 pm08
    Permalink

    I was wondering if you ever thought of changing the page layout of your site?

    Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so
    people could connect with it better. Youve got an awful lot of
    text for only having one or two pictures. Maybe you could space it out better?

    Balas
    • 30 Mei 2018 pukul 13:00 am05
      Permalink

      Thank you.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *