Saat bulan ramadhan seperti sekarang ini, akan kita jumpai banyak sekali makanan. Rasa enak dan lezat dari makanan sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara memasaknya. Tak hanya rasa, dalam memilih dan mengolah makanan perlu juga diperhatikan kandungan gizi dan manfaat bahan makanan. Memasak adalah satu-satunya cara mengolah makanan yang akan kita konsumsi. Tujuan dalam memasak adalah agar makanan menjado lebih nikmat dan lezat saat dinikmati. Padahal tujuan utama sebernanya adalah mengolah makanan agar makanan tersebut dapat dikonsumsi dengan lezat tanpa menghilangkan kadar gizi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Gizi pada makananlah yang mampu memberikan rasa sehat pada tubuh serta mendukung proses tumbuh kembang anak. Sayangnya, banyak masyarakat khususnya ibu rumah tangga yang tak begitu ambil pusing tentang cara memasak yang benar. Akibatnya banyak kandungan gizi yang terbuang dan menguap sia-sia seiring dengan matangnya makanan tersebut. Rasanya memang nikmat, tetapi apa artinya jika yang masuk dalam perut kita hanyalah tinggal ampas belaka.

1. Akibat Memasak Tidak Sehat
Tak banyak kita ketahui bahwa sebenarnya banyak sekali kandungan zat gizi pada makanan yang akan hilang dan luntur jika kita menggunakan teknik memasak yang salah. Akibatnya kita tidak akan mendapat khasiat dari makanan yang kita konsumsi, padahal tujuan awalnya adalah agar kita merasakan khasiat dari berbagai jenis makana tersebut. Gizi yang semakin terkonsumsi memberikan banyak pengaruh pada tubuh kita dan keluarga seperti proses tumbuh kembang akan terhambat, badan akan mudah terserang penyakit , kulit kusam, rambut mudah rontok, kecerdasan berkurang.

2. Teknik Memasak Yang Benar
Teknik memasak yang benar agar kandungan gizi tetap awet didalam makanan dan masuk dengan lancar kedalam perut kita dimulai dari awal mengupas, memotong dan mencuci bahan makanan. Agar vitamin tak luntur, maka biasakan mencuci dahulu buah dan sayur setelah mengupasnya sebelum memotongnya. Untuk beras, jangan cuci beras hingga putih jernih, karena sama saja Anda menghilangkan sari pati yang sangar berharga dari beras. Selanjutnya, masaklah dengan api yang tak terlalu besar dan waktu yang tak terlalu lama. Untuk sayuran, masak dan angkatlah sebelum sayuran menjadi empuk atau terlalu layu. Terakhir saat proses membumbui, negara kita adalah negara yang kaya akan rempah-rempah, maka manfaatkanlah rempah-rempah yang ada dengan maksimal tanpa menggunakan pengawet dan penyedap yang bisa jadi karsinogen bagi kita.

Memasak Yang Baik Demi Kesehatan Keluarga

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *