Kebanyakan dari masyarakat tidak peduli dengan keadaan tubuhnya saat menjalani Ibadah Puasa, karena meski sedang puasa, asupan nutrisi untuk tubuh harus tetap terpenuhi. Perbedaaannya hanyalah jadwal makan bagi yang berpuasa, yang diatur sebagai berikut: makan Sahur, makanan berbuka, makanan lengkap (setelah magrib), dan makanan kecil (setelah sholat tarawih).
Namun, ada beberapa tips dibawah ini yang juga patut menjadi perhatian Anda selama Berpuasa.
1. Jangan makan berlebihan
Makan berlebihan akan menyebabkan berat badan anda bertambah. Meskipun kondisi perut kosong di siang hari, namun berjejal di malam hari sebagai upaya “balas dendam”,belum lagi minimnya aktivitas di bulan puasa ini dapat memperparah keadaan tersebut.
2. Tetap beraktivitas seperti biasa
Pada saat berpuasa, apalagi sebulan penuh, aktivitas tubuh harus tetap dilakukan dan mendapatkan porsi yang layak, tanpa aktivitas tubuh atau olahraga serta asupan yang sesuai, anda akan merasa kekurangan energi, cepat lemas, dan berat badan justru bertambah pesat.
3. Perhatikan asupan makan
memperhatikan asupan makanan dan aktivitas tubuh sangat penting agar tetap sehat dan bugar selama melakukan ibadah puasa. Hindari terlalu banyak makan makanan yang terlalu berminyak (digoreng atau dimasak dengan campuran minyak) serta daging-dagingan (sapi, kambing, dll) karena dapat meningkatkan asam lambung dan gangguan pencernaan.
Jus buah-buahan sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan sekaligus menambah asupan vitamin dan nutrisi
4. Banyak minum Air Putih
Ada baiknya anda sekurang-kurangnya 350 ml air saat sahur maupun berbuka. Asupan air yang banyak akan menghindarkan dari dehidrasi pada saat menjalankan puasa.
5. Istirahat yang cukup
Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting
6. Konsultasi Dokter
Selain beberapa tips diatas, jangan lupa untuk tetap mengunjungi Dokter anda an konsultasikan kesehatan Anda supaya tetap sehat dan bugar dalam menjalani Ibadah Puasa.

Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *