Pajak-Rokok-Naik

Kimia Farma Diagnostika – Paru-paru adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Organ ini terdapat pada sistem pernapasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida di dalam darah. Proses pertukaran ini dilakukan dengan menggunakan batuan haemoglobin sebagai pengikat oksigen. Setelah Oksigen di dalam darah diikat oleh hemoglobin, barulah dialirkan ke seluruh tubuh kita. Kesehatan paru-paru menjadi sangat penting, mengingat fungsi paru-paru yang sangat vital disalam tubuh kita.

Penyakit yang sering terjadi pada paru-paru ialah Kanker paru. Dilansir dari cancercenter.co,id, merokok merupakan penyebab utama terjadinya kanker Paru. Sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita disebabkan karena konsumsi rokok. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar risiko untuk menderita kanker paru-paru. Sebaliknya, hanya sebagian kecil kanker paru-paru (sekitar 10%-15% pada pria dan 5% pada wanita) yang disebabkan oleh zat yang ditemui atau terhirup dilingkungan . Bekerja dengan asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok. kanker paru-paru (terutama adenokarsinoma dan karsinoma sel alveolar) terjadi pada orang yang paru-parunya telah memiliki jaringan parut karena penyakit paru-paru lainnya, seperti tuberkulosis dan fibrosis.

Gejala Kanker Paru yang paling umum dan biasa ditemui pada penderita kanker paru adalah: Batuk yang terus menerus, dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak, sakit kepala, napas sesak dan pendek-pendek, kelelahan kronis, turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, suara serak/parau, pembengkakan di wajah atau leher. Gejala pada Kanker Paru umumnya tidak terlalu terlihat, sehingga banyak penderita kanker paru yang mencari bantuan medis setelah stadium lanjut. Kasus-kasus stadium dini/ awal sering ditemukan tanpa sengaja ketika seseorang melakukan pemeriksaan kesehatan check up rutin. Oleh karena itu, pemeriksaan medical check up secara rutin sangatlah dibutuhkan bagi kita. Pemeriksaan rontgen dan dahak, bisa menjadi solusi untuk mengetahui ada tudaknya gejala kanker paru pada diri kita.
Bagi Sahabat KFD yang ingin memeriksakan kesehatan jantungnya, segera kunjungi Lab Klinik Kimia Farma terdekat, dan kenalilah kesehatan Jantung anda

Merokok Menjadi Penyumbang Nomer Satu Kanker Paru

Comments

comments

Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *