Kimia Farma Diagnostika – Setidaknya ada 5 hal yang akan diperiksa secara seksama oleh perawat ketika bayi baru dilahirkan. Hal ini dilakukan guna mengukur dan memastikan kondisi kesiapan bayi dalam memulai kehidupan di luar perut ibu-nya. Pemriksaan ini juga dilakukan guna memberikan informasi tentang perlu atau tidaknya bantuan medis bagi bayi. Selama enam jam pertama setelah lahir, bayi akan diawasi secara ketat, terutama suhu tubuh bayi dan tanda-tanda jika ada kelainan pada fisik sang bayi. Aspek-aspek yang akan di periksaan yaitu, Activity (aktivitas otot), Pulse (denyut jantung), Grimace (respons refleks), Appearance (penampilan, terutama warna tubuh bayi), dan Respiration (pernapasan). Pemeriksaan ini juga sering disebut APGAR Test/ APGAR Score. Setiap aspek akan di berikan skor antara 0,1,atau 2. Skor 2 menunjukkan kondisi yang bagus dari aspek yang diperiksa. Skor 1 berarti bayi dalam kondisi ‘hati-hati’. Sedangkan skor 0 menunjukan keadaan gawat. Setiap skor dari aspek nantinya akan di jumlah sehingga di dapat nilai akhir test.

Sepuluh merupakan nilai sempurna yang berarti bayi berada di dalam kondisi baik atau sempurna. Sedangkan skor 0-3 merupakan keadaan gawat pada bayi yang mengindikasikan bahwa bayi membutuhkan resusitasi segera. Dilansir dari alodokter.com, normalnya, APGAR score dilakukan dua kali, yaitu pada menit pertama dan kelima usia bayi. Namun, pada kasus ketika bayi mengalami kondisi kritis setelah tes pertama dan kedua, maka akan dilakukan tes apgar score lagi pada menit ke-10, menit ke-15, dan menit ke-20 untuk memastikan perkembangan bayi. Kondisi kritis bayi tersebut dapat terlihat pada nilai apgar score yang rendah, yaitu 0-3, pada masing-masing hasil tes pertama dan kedua. Rendahnya nilai ini juga dikaitkan dengan tingginya risiko kematian bayi, terutama pada 20 menit pertama sejak dilahirkan.

Hal yang perlu di ingat adalah tes ini dilakukan beberapa saat setelah bayi dilahirkan. Walau demikian, bukan berarti bantuan resusitasi hanya diberikan ketika APGAR test selesai dihitung dan hasil nya 0-3. Tanyakan pada dokter ahli atau spesialis terkait untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap mengenai keadaan buah hati anda ketika lahir.

Metode Penilaian Pada Bayi Yang Baru Lahir

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *