HIV ( Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh menurun dan tidak dapat bertahan terhadap penyakit infeksi lainnya. Sedangkan AIDS (Acquired Imuno Defisiency Syndrom) Adalah kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh menurunnya kekebalan tubuh.

images 1

Penyakit Ini sangat perlu mendapatkan perhatian khusus dikarenakan selama ini belum ditemukan obat yang dapat membunuh virus, obat yang ada hanya berfungsi melemahkan saja serta belum ada vaksin yg digunakan untuk sarana pencegahan. Pengidap virus HIV menjadi pembawa dan dapat menularkan penyakit seumur hidupnya, walaupun tidak nampak sakit, menurunkan produktifitas kerja sehingga dapat menurunkan perekonomian bangsa serta penyebaran penyakit yang tergolong cepat keseluruh dunia.

Adapun perjalanan penyakit ini adalah sebagai berikut :

hiv-aids-14-638

Cara Penularan HIV

penularan-hiv-aids

Pemeriksaan HIV
1. Tes Antibody HIV / Anti HIV
Untuk memastikan seseorang terinfeksi HIV atau tidak. Mulai Rapid Tes
(Kromatografi Lapis Tipis), Elisa dll

2. Tes CD4
Untuk prognosis apakah berlanjut ke arah AIDS, sebagai Indikator
penurunan sistem imun.

3. Tes Viral load / HIV RNA
Menilai Sejauh mana keberhasilan terapi
Menjaga agar jumlah virus HIV dapat terkontrol dan di tekan
selama pengobatan.

Pemeriksaan HIV dengan Metode PCR merupakan tes laboratorium dengan teknologi real-time, PCR untuk mendeteksi dan menghitung muatan virus ( Viral load) HIV dalam setiap ml darah pasien. Tes HIV RNA Diagnostik mempunyai sensitifitas tinggi 17 HIV-1 RNA copies/mL (29 IU/mL) dengan rentang pengukuran 34-10^7 HIV-1 RNA copies/mL, dan spesifitas 100%.

Semua tes atau pemeriksaan yang berkaitan dengan penyakit HIV tersebut, dapat dilayani di seluruh cabang Laboratorium Klinik Kimia Farma

Salam semangat dan semoga sehat selalu…

Pemeriksaan PCR HIV RNA

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *