pict for cancer copy
Kimia Farma Diagnostika – Kesehatan pada perempuan menjadi salah satu sorotan pada hari kesehatan internasional kali ini. Kita sering mendengar tetang kanker serviks pada wanita. Kanker serviks yang biasanya disebut kanker leher rahim adalah kanker yang disebabkan oleh virus Human Pappiloma Virus (HPV) yang menyerang leher rahim wanita. Selain kanker rahim, ternyata ada beberapa penyakit kelamin yang bisa menyerang perempuan. Yuk kenali agar kita bisa antisipasi.

1. Servisitis
Servisitis adalah suatu kondisi medis dimana terjadi luka pada serviks yang menjadi penghalang kuman-kuman masuk dari luar. Penyebab servisitis adalah mikrooganisme aoreb, kandraga, dan trikomas vaginalis. Selain itu, servitisis juga disebabkan oleh alat-alat kontrasepsi atau benda asing yang menempel dan melukai serviks. Serviks itu sendiri terdapat pada ujung rahim yang sempit yang terbuka ke arah vagina.

2. Trikomoniasis
Penyakit ini adalah penyakit yang sangat umum ditemukan didunia, dan salah satu penyakit dari 3 penyakit vagina yang paling umum pada wanita. Trikomoniasis adalah penyakit yang menular melalui hubungan seksual, penyebabnya protozoa parasit.Gejala yang terlihat pada wanita adalah pada dinding vagina berwarna kekuning-kuningan, atau kuning kehijau-hijauan, berbusa, dan berbau tidak enak. Dinding vagina akan terlihat sembam dan kemerah-merahan.

3. Kandidiasis
Kandidiasis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida yang bersifat akut ataupun subakut. Kandidiasis pada vagina biasanya dikarenakan obat antibiotik yang lebih sering dipakai, penggunaan pil KB, dan obat-obatan lain yang mengubah suhu daerah vagina sehingga timbul jamur candida. Gejala dapat dilihat adanya gumpalan seperti busa pada mulut atau bintik-bintik merah.

Itu dia beberapa jenis penyakit yang biasa muncul pada kelamin wanita. Kebersihan serta perawatan yang benar tentunya menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut menyerang diri kita. Selain itu, pola hidup sehat serta tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan intim, menjadi pilihan yang tepat jika kita ingin terhindar dari beberapa penyakit tersebut.

sumber : gudsangkesehatan

Penyakit Yang Biasa Menyerang Kelamin Wanita

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *