Jika ditanya sudah pasti setiap orang menginginkan bisa panjang umur dan selalu sehat bugar. Hanya saja seiring dengan pertambahan usia sepertinya mulai muncul sejumlah permasalahan yang tidak terlepas kaitannya dengan kesehatan. Proses penuaan memang terjadi secara alami. proses tersebut pun menyebabkan sejumlah masalah mencakup fisik, mental, dan sosial. Dari kondisi fisik didapati produktivitas kerja mulai menurun, sementara kebutuhan akan pelayanan kesehatan semakin dibutuhkan. Menjadi tua itu pasti. Akan tetapi, memiliki tubuh yang sehat dan bugar di usia senja masih bisa diupayakan. Mempertahankan kesehatan fisik pun menjadi satu kunci terpenting dari proses penuaan. Membiasakan diri dengan pola hidup sehat jelas harus dilakukan. Adapun berikut ini diberikan beberapa rahasia sehat di usia senja yang mesti Anda tahu:

 

  • Istirahat Cukup

istirahat cukup yang dimaksud yaitu tidur nyenyak dengan durasi 6-8 jam setiap hari. Tidur dibutuhkan untuk proses regenerasi sel tubuh yang sudah rusak. Sayangnya, pada usia senja sebagian besar orang malah mengalami gangguan susah tidur akibat stres dan penyakit lain. Oleh karena itu, hindari stres dan rutin lakukan cek kesehatan ke dokter. Bila terhindar dari stres dan sakit biasanya seseorang akan lebih mudah untuk tidur lebih banyak. Selain itu, coba latih diri untuk tidur teratur dan cukup setiap harinya.

 

  • Olahraga Teratur

Olahraga bermanfaat karena bisa merangsang sistem kekebalan tubuh. Olahraga juga terbukti ampuh meminimalisir risiko depresi, dan menangkal berbagai jenis penyakit. Jenis olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat, cukup olahraga ringan seperti jogging atau jalan kaki saja bisa dibiasakan teratur setiap pagi. Tentunya udara pagi yang masih bebas polusi juga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.

 

  • Jaga Berat Badan Ideal dengan Pilih Makanan Bergizi

Jaga berat badan ideal Anda. Salah satu caranya yaitu dengan memilih makanan bergizi. Pilih makanan bergizi yang berperan penting menghambat proses degeneratif. Pastikan asupan gizi seimbang dengan kebutuhan tubuh karena kekurangan atau kelebihan sama tidak baiknya. Kekurangan gizi bisa menyebabkan seseorang menjadi sakit. Demikian juga halnya dengan kelebihan gizi juga bisa berakibat pada obesitas yang cenderung memicu berbagai jenis penyakit degeneratif.

Rahasia Hidup Sehat di Usia Senja

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *