Buah jambu biji merah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah dengan nama latin Psidium guajava ini mampu menjaga kesehatan dari berbagai serangan jenis penyakit karena lengkapnya kandungan gizi di dalamnya. Di dalam buah jambu biji terdapat kandungan asam kratogolat, asam psidiolat, asam ursolat, asam guajaverin, asam oleanolat, minyak atsiri, dan berbagai jenis vitamin. Lantas apa saja khasiat jambu biji untuk kesehatan? Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

 

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Jambu biji kaya serat larut. Inilah mengapa jambu biji berkhasiat melancarkan sistem pencernaan. Adapun serat dalam jambu biji juga mampu melindungi membran mukosa usus yang berguna meminimalisir efek negatif dari racun. Secara lebih lanjut serat ini juga dapat mengikat zat kimia berbahaya yang seringkali menjadi sebab penyakit kanker.

 

  • Menangkal Serangan Radikal Bebas

Khasiat selanjutnya dari si merah ini yaitu menangkal serangan radikal bebas. Hal ini karena buah jambu biji kaya akan vitamin C. Adapun vitamin C dalam jambu biji ini juga dapat memaksimalkan sistem imun tubuh supaya Anda tetap sehat setiap hari.

 

  • Menjaga Kinerja Otak dan Syaraf

Buah jambu biji dapat menjaga kinerja otak dan syaraf karena adanya kandungan vitamin B3 dan vitamin B6. Vitamin B6 sendiri diketahui dapat meningkatkan aliran darah serta menjadi pemasok nutrisi penting bagi organ otak dan juga syaraf.

 

  • Mencegah Kanker

Khasiat yang tidak kalah ampuh dari buah jambu biji yaitu mencegah kanker. Hal ini karena di dalam buah berwarna merah ini terdapat kandungan flavonoid dan senyawa antioksidan poli-fenolik yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang jahat. Selain itu jambu biji juga rendah kalori, rendah lemak, tetapi kaya vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

 

Itulah beberapa khasiat dari buah jambu biji. Buah jambu biji memang baik dikonsumsi setiap hari baik dimakan secara langsung atau diolah menjadi minuman jus yang segar. Sekian ulasan tentang khasiat buah jambu biji kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat membuktikan khasiatnya.

Si Merah Berkhasiat

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *