Kimia Farma Diagnostika – Tifus merupakan penyakit yang terjadi karena adanya infeksi pada usus halus yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Penyakit ini umumnya ditandai dengan demam dengan suhu yang terus naik secara bertahap hingga membuat pendeita menggigil. Biasanya demam terjadi di malam hari dan mereda, kemudian akan naik lagi di malam berikutnya. Selain demam, gejala yang lain yang timbul dari penaykit ini berupa sakit kepala, sakit di bagian perut, denyut jantung menurun, sampai kehilangan nafsu makan.

Pada prinsipnya, penyebaran penyakit ini bersal dari bakteri salmonell yang tercemar di banyak tempat. Makanan dan minuman yang tercemar bakteri salmonella, serta tangan dan kuku yang tidak bersih sehingga bakteri salmonella terdapat didalamnya. Bakteri salmonella juga bisa masuk melalui kulit yang terkoyak akibat luka. Pencegahan untuk penyakit ini bisa dilakukan dengan cara seperti:
1. Memastikan kebersihan bahan makanan sebelum memasaknya
2. Mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makanan
3. Membersihkan luka dan segera mengobatinya
4. Hindari jajan di pinggir jalan yang terlihat tidak higienis

Ketika gejala-gejala tifus mulai terlihat, segera periksakan diri anda ke klinik atau rumah sakit terdekat. Selain itu, pemeriksaan penunjang laboratorium juga harus dilakukan guna mendiagnosa penyakit tifus lebih pasti. Pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui penyakit tifus adalah pemerisaan Widal dan Tubex.

Tifus dan Pencegahannya

Comments

comments

Tag pada:                                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *