Kimia Farma Diagnostika – Memang ada keringanan untuk tidak berpuasa bagi wanita yang sedang mengandung. Namun beberapa perempuan ada yang tetap memutuskan untuk berpuasa karena merasa kuat dan tidak ada masalah dengan kandungannya walaupun ia berpuasa (tentunya setelah konsultasi dengan dokter kandungan). Bagi perempuan yang sedang mengandung dan tetep memutuskan untuk berpuasa, ada beberapa tips yang bisa dilakukan guna meminimlisir munculnya masalah kesehatan bagi Ibu dan kandungannya. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan bagi perempuan mengandung yang memilih tetap berpuasa.

1. Isilahah santap sahur dengan makanan yang bergizi, serta mengkonsumsi karbohidrat kompleks.
Karena Karbohidrat kompleks seperti oatmeal, nasi merah, roti gandum akan menambah energi bagi ibu hamil dan menyusui. Cobalah untuk mengkonsumsumsi protein nabati dan protein hewani bersamaan. Kebutuhan protein selama hamil dan menyusui bertambah 20 gram sehari.

2. Berbukalah dengan kurma dan air putih hangat
Kurma dapat menaikkan gula darah darah dengan cepat sehingga langsung memberikan energi bagi ibu hamil dan menyusui. konsumsilah dua hingga tiga butir saja karena bagaimana pun, kurma mengandung 25 sampai 30 kalori per butir. Hindari berbuka dengan kolak atau cendol serta makanan bersantan lainnya yang tinggi kalori dan lemak. Karena lemak paling sulit dicerna dan bisa membuat pencernaan kurang nyaman.

3. Isilah senggang waktu dimalam hari dengan memperbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan. Ini bisa dilakukan selepas shalat tarawih atau sebelum tidur.

Demikian tips-tips bagi perempuan yang sedang mengandung dan ingin tetap berpuasa. Pada dasarnya semua tetap harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Tips Bagi Wanita Hamil Yang Berpuasa

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *