Penyebaran-TBC-melalui-bersin-dan-batuk-distrikanime.blogspot.com-aKimia Farma Diagnostika – Sering kita mendengar istilah penyakit TBC. Sahabat KFD tau tidak apa itu TBC? TBC kepanjangan dari Tuberkulosis. TBC adalah penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri basil. Bakteri basil yang menginfeksi adalah bakteri basil yang sangat kuat. Akibtanya, akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengobati penyakit ini. Bakteri ini 90% cenderung menginfeksi paru-paru jika dibandingkan dengan organ-organ lainnya pada tubuh manusia. Penyakit ini biasanya ditandai dengan batuk terus menerus. Jadi, jangan pernah kita remehkan batuk ya Sahabat KFD.

Karena TBC adalah penyakit yang menyerang pernapasan, maka penularannya pun paling besar melalui pernapasan. Berdekatan dengan penderita TBC dapat memungkinkan kita untuk tertular. Selain itu, ketika penderita TBC batuk, bisa jadi itu merupakan sarana penularan TBC. Maka snagat disarankan menggunakan masker penutup mulut di tempat umum yang ramai orang. Selain itu, penggunaan barang pribadi secara bergantian dengan penderita TBC aktif, seperti gelas dan sendok pun dapat menjadi jembatan penularan TBC. Karena penyakit ini sangat mudah menular, pencegahannya pun semestinya sudah dilakukan sejak dini. Pemberian Vaksin BCG (diberikan pada saat balita) misalnyna, menjadi sarana pencegahan yang pas untuk melindungi diri sejak dini. Selain itu, menjaga pola hidup yang baik dengan asupan makanan yang bergizi dan olah raga teratur juga membantu mencegah kita dari penyakit ini.

Bagi Sahabat KFD yang mengalami batuk berkepanjangan, cobalah segera melakukan check up di klinik Kimia Farma terdekat. Lakukan pemeriksaan labratorium berupa BTA dan Rontgen guna memastikan apakah kita terkangkit penyakit TBC atau tidak.

Tuberkulosis Dan Penceghaannya

Comments

comments

Tag pada:                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *